Siluet dari sampah…sebuah seni menakjubkan

Mumpung orderan kerja lagi sepi, iseng-iseng googling cari ide dekorasi rumah yang nyentrik. Eh, malah mata ini tertuju pada sebuah foto karya seni yang menarik sekaligus artistik. Sebenernya saya bukan pecinta seni yang mau meluangkan waktu pergi ke pameran, tapi kalo sekedar menikmati beberapa karya seni yang unik di layar kompi sambil menikmati waktu santai sih mungkin iya.

Penasaran dengan siapa sih pemilik ide karya ini membawa saya ke dua nama, Timothy Noble dan Susan Webster. Ya, buat sekedar sharing informasi, saya pikir worth it lah kalo diulas sejenak di blog ini.

Timothy “Tim” Noble (lahir 1966) dan Susan “Sue” Webster (lahir 1967), adalah dua seniman dari Inggris yang bekerja secara duo kolaboratif.  Mereka ini menghasilkan karya seni dengan cara mengumpulkan berbagai sampah secara random lalu disusun membentuk pola tertentu kemudian disinari cahaya di salah satu sisi sehingga menghasilkan bayangan di sisi lain. Dan akhirnya, dengan mengucapkan kata WOW!! #tanpaperlukoproltentunya#, maka hasil proyeksi cahaya yang dihasilkan dari tumpukan sampah itu mampu menyajikan suatu siluet memukau mata yang memandangnya.

Siapakah Tim dan Sue ini?

Tim mengambil kursus dasar seni rupa di Cheltenham Art College (sekarang Universitas Gloucester) dan Sue kuliah seni di Politeknik Leicester (sekarang De Montfort University). Dua orang ini pertama kali bertemu pada 1986 sebagai mahasiswa seni rupa di Nottingham Trent University kemudian menjadi teman baik karena kebetulan mempunyai selera yang sama dalam bermusik.

Setelah lulus kuliah tahun 1989, mereka pindah ke Bradford, West Yorkshire. Tahun 1990 hingga 1992, mereka bekerja di studio patung di Dean Clough.  Saat di Bradford inilah yang memberikan efek mendalam pada pengembangan artistik mereka, menginspirasi karya-karya awal mereka. Berdua kemudian pindah ke London ketika Tim mulai menjadi pematung di Royal College of Art, yang menjadi pintu masuk mereka ke dalam dunia seni di London.

Pameran solo mereka pertama berjudul British Rubbish berlangsung di Art Space Independen (ISA) tahun 1996. Dari pameran ini kemudian mereka diundang untuk berpartisipasi dalam berbagai pameran, termasuk Rain Mop di ICA pada tahun 1996.

Tahun 2007 mereka dianugerahi Arken Prize dan tahun 2009 mereka menerima gelar doktor kehormatan seni dari Nottingham Trent University, perguruan tinggi mereka sebelumnya, sebagai pengakuan atas prestasi artistik mereka sampai saat ini.

Ini adalah foto-foto sebagian hasil karya mereka

Source:

http://en.wikipedia.org/wiki/Tim_Noble_and_Sue_Webster

http://www.timnobleandsuewebster.com

Categories: Art | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: